Kamis, 18 November 2010 By: Anshar Daenk

Belajar di Museum Keraton Sumenep

Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar tentang Sumenep atau Pulau Madura. Pikiran anda pasti tak jauh dari Garam dan Karapan Sapi. Ya, dua hal itulah yang menjadi icon dari Kabupaten Sumenep yang berada di PUlau Madura atau lebih tepanya disisi timur Provinsi Jawa Timur tersebut.

Aku yang sedang berpose di depan Museum Keraton Sumenep beberapa bulan yang lalu
Wilayah Kabupaten Sumenep lumayan cukup luas. Terdiri perbukitan di Asta Tinggi serta daratan rendah di tepi Sungai Salopeng dan Lombang. Membuat kabupaten ini dikarunai potensi wisata yang sangat bagus. Potensi yang tersebar dari tepian sungai di Salopeng hingga di puncak Asta Tinggi.Selain dua hal yang telah saya sebutkan tadi di depan, Sumenep memiliki berbagai macam produk wisata lainnya. Dari yang natural (alam), sosial budaya, sampai yang buatan manusia. Ketiganya menjadi kolaborasi yang cukup menunjang Sumenep sebagai daerah wisata.
Salah satu wisata sosial budaya yang menjadi unggulan dan paling berpotensi di Sumenep ialah Museum Keraton Sumenep. Mungkin banyak dari anda yang menyangka Keraton hanya ada di Solo dan Jogjakarta. Memang tidak salah, tapi Keraton Sumenenp adalah satu-satunya Keraton yang berada di Pulau Madura ini.
Oleh karena itu Museum Keraton Sumenep yang berlokasi di depan Keraton Sumenep, berjarak hanya beberapa meter dari bangunan utama Keraton. Museum yang sering dikunjungi wisatawan dan para pelajar inni mengoleksi beberapa benda yang mememiliki nilai historis yang berkaitan dengan tata kehidupan masyarakat Sumenep. Beberapa benda bersejarah milik museum Keraton Sumenep yang menarik bagi wisatawan diantaranya:
- Kereta Keraton yang merupakan pemberian Pemerintah Belanda kepada Sultan Abdurrahman sebagai ucapan terima kasih, alat ini menjadi satu-satunya alat transportasi yang dipakai oleh para punggawa dan bangsawan Keraton saat berkunjung ke daerah-daerah kekuasaanya. Kereta yang ditarik oleh dua kuda pilihan sehingga larinya kencang dan bisa dinaikki oleh beberapa orang.
- Benda-benda antik dari keramik buatan China zama Dinasti Ming
- Benda-benda yang dikeramatkan seperti keris, tombak, pedang, meriam kuno dll.
- Naskah-naskah kuno
- Peralatan pertanian kuno dan Peralatan dapur kuno
- Prasasti, arca dll.
Museum Keraton Sumenep yang biasanya beroperasi setiap hari mulai pukul 08:00 - 17-00 kecuali hari Senin biasanya libur. Benda-benda yang disimpan di Museum Keraton Sumenep sebgaian besar peninggalan para Bangsawan Keraton Sumenenp.

0 komentar:

Posting Komentar